MTsN 1 BANYUMAS GO GREEN (Program Ekstrakurikuler KIR/ Karya Ilmiah Remaja)

Diposting pada: 2019-10-14, oleh : Ari Kuswanto, Kategori: Tanpa Kategori

Banyumas (12/10/2019). Sabtu sore tanggal 12 Oktober 2019 menjadi momen yang indah bagi anggota KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) MTs Negeri 1 Banyumas. Senyum riang dan canda tawa senantiasa mengiringi kegiatan yang mereka lakukan sore itu. Mereka bekerja sama dalam melaksanakan salah satu program kerja KIR yakni “Matsani Go Green”. Kegiatan ini bertujuan untuk menghijaukan dan melestarikan lingkungan madrasah. Kelompok Ilmiah Remaja MTs Negeri 1 Banyumas (KIR Matsani) yang diketuai oleh Nagita (siswa kelas 8B) ini melaksanakan kegiatan sore itu di lahan belakang madrasah. Mereka bersama-sama memasukkan media tanam yang terdiri dari campuran tanah, sekam dan pupuk kandang ke dalam polybag. Setelah itu, mereka menanam benih bayam merah, cesim, selada hijau, pepaya, cabai, dan mentimun. Tak lupa mereka menyiramnya dengan air agar benih yang sudah mereka tanam bisa tumbuh dengan baik. Polybag-polybag tersebut ditata di lahan belakang kelas 8 yang mereka sebut sebagai kebun KIR.

Kegiatan ekstrakurikuler yang dibina oleh ibu Mami Suparmi, S.Pd dan ibu Wahyu Hidayani, S.Pd ini sudah berlangsung selama beberapa kali pertemuan sejak bulan Agustus yang lalu. Sebelumnya, anggota KIR Matsani juga telah mempraktikkan pembenihan tanaman kangkung organik  menggunakan metode konvensional (media tanah) dan metode hidroponik. Mereka mencoba membandingkan proses pertumbuhannya. Ternyata, setelah diamati selama kurang lebih 2 minggu, kangkung yang ditanam dengan media tanah menunjukkan pertumbuhan yang baik dan relatif cepat, sedangkan yang ditanam dengan metode hidroponik menunjukkan pertumbuhan yang lambat  dan kurang baik. Hal ini disebabkan media (air) yang digunakan kemungkinan tidak mengandung nutrisi yang cukup untuk tanaman sehingga mempengaruhi pertumbuhannya. Namun, kenyataan tersebut tidak membuat semangat anggota KIR Matsani menurun, justru menambah rasa ingin tahu mereka bagaimana cara yang baik dan tepat untuk menanam tanaman dengan teknik hidroponik.

Anggota KIR Matsani yang berasal dari kelas 7 dan 8 ini berharap agar kegiatan penghijauan lingkungan madrasah ini berjalan lancar dan sukses. Jika tanaman tumbuh dengan baik, lalu memasuki masa panen, maka kegiatan akan dilanjutkan dengan pemanfaatan dan pengolahan tanaman-tanaman tersebut. Bisa juga nantinya dikembangkan sebagai sarana latihan berwirausaha. Apalagi, program kerja KIR juga telah mendapatkan dukungan penuh dari pihak Madrasah. Hal ini ditegaskan oleh Kepala MTs Negeri 1 Banyumas, Drs. Solahuddin, M.M., kepada pembina KIR agar kegiatan penghijauan lingkungan segera dilaksanakan. Keberhasilan program ini tentu saja tidak hanya ditentukan oleh pihak KIR Matsani tetapi juga oleh seluruh warga madrasah. Oleh karena itu, Nagita dkk berkomitmen untuk merawat tanaman-tanamannya. Salah satu caranya adalah dengan membentuk regu piket perawatan tanaman yang bertanggung jawab untuk menyiram dan memantau pertumbuhan tanaman setiap harinya. Kegiatan sore itu kemudian diakhiri dengan membuat rencana pembenihan tanaman hias pada pertemuan berikutnya. Tak lupa juga mereka berdoa agar kegiatan yang mereka lakukan mendapat ridho dari Allah SWT. (mdr/Wahyu)


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Connect Us On

   
Kontak Kami

MTs NEGERI 1 BANYUMAS
Jl. Jendral Sudirman No. 791 Purwokerto 53111

Hotline: 0281-636637
Fax: 0281-636637
Email: mtsnpurwokert0308550@gmail.com
© 2020 MTs NEGERI 1 BANYUMAS